Ruko atau Kios? Apa Bedanya?

Bila Anda ingin berinvestasi dalam bidang properti khususnya di segmen komersial, maka berinvestasi di rumah toko (ruko) atau toko/kios dapat menjadi suatu pilihan. Keduanya sekilas tidak berbeda, namun apabila dicermati keduanya mempunyai perbedaan jika dikaitkan dengan investasi. Dilansir dari sebuah situs finance, ruko dan kios mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

  • Ruko

Jika Anda berinvestasi (jual atau sewa ruko), kelebihannya adalah ruko banyak diminati oleh para pelaku bisnis terlebih lagi jika ruko itu terletak di kawasan ‘basah’, sebut saja kawasan bisnis, perdagangan, atau tempat lainnya

Selain itu, apabila ruko berada di kawasan ‘basah’, untuk cepat larisnya bisa cepat karena sangat prospektif, dan patut diperhatikan prospek ruko ini sangat tergantung dari lokasinya.

Ruko di wilayah strategis itu biasanya mahal, tetapi Anda bisa memilih ruko yang harganya agak sedikit murah seperti jual ruko yang berada di pinggiran kota.

Namun pertimbangkan juga apakah nantinya di wilayah tersebut memiki potensi untuk berkembang beberapa tahun yang akan datang atau tidak? Jika iya, Anda bisa membelinya namun jika tidak, Anda sebaiknya pikir-pikir lagi.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Sumber gambar: www.citraindahcibubur.com

Dan untuk mengetahui perkembangan tempat itu Anda bisa melihatnya dari fasilitas umum dan akses kendaraan yang akan dibangun dan juga pertumbuhan perumahan di daerah sekitarnya. Namun berinvestasi di ruko juga mempunyai kekurangan, salah satunya adalah ruko ini sangat rentan terhadap krisis ekonomi.

  • Kios/toko

Kelebihannya, permintaan untuk kios/toko ini sangat tinggi jika berada di kawasan perdagangan. Belum lagi dengan capital gain yang akan diperoleh dalam waktu jangka panjang (lebih dari lima tahun), semakin ramai dan banyak transaksi di sebuah lokasi kios/toko, maka capital gain semakin tinggi.

Kekurangannya mungkin hampir sama dengan ruko, yaitu lokasi. Memang tak dipungkiri lokasi ini memegang peranan penting. Jadi jika Anda salah mendapatkan atau mendirikan kios/toko di lokasi yang tidak strategis, bukan untung yang Anda dapatkan melainkan buntung.

toko

Sumber gambar:  www.rajarakminimarket.com

Sewa kios atau toko merupakan salah satu strategi yang bisa dilakukan, jika Anda belum mempunyai cukup modal untuk membeli sebuah kios/toko. Jika keuntungan yang diperoleh besar dan relatif cepat, maka Anda dapat merencanakan untuk membeli kios/toko sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s