Kos-kosan, Kontrakan, atau Sewa Rumah?

Pilihan untuk menetap pada suatu lingkungan baru mengharuskan Anda untuk memilih tempat tinggal. Sekarang tinggal Anda memilih, apakah Anda akan tinggal di rumah kosan, sewa rumah sendiri, atau kontrakan.

Sebelumnya, ijinkan saya membahas kelebihan dan kelemahan masing-masing pilihan:

  • Kos-kosan

Pilihan ini sangat banyak dan tersedia dalam jumlah yang sangat banyak, apalagi jika dekat dengan kampus atau kantor. Kelebihannya adalah jika kosan terletak di daerah kampus atau kantor maka Anda bisa berjalan kaki. Menghemat biaya bukan? Keuntungan lain adalah Anda tidak perlu memikirkan pembayaran air dan listrik, biar itu menjadi urusan pemilik kos.

Kelemahan pada saat ngekos adalah Anda harus terikat dengan peraturan yang ada di kosan tersebut, misalnya jam malamnya. Bisa jadi Anda mendapat Bapak dan Ibu Kos yang galak dan rewel.. dan namanya ngekos, kita tinggal dengan orang-orang yang berbeda latar belakang kehidupannya, budaya, dan kebiasaan. Maka pandai-pandailah bersabar dan beradaptasi.. hehe..

  • Rumah kontrakan

Berbeda dengan kosan, Anda lebih leluasa untuk pulang malam. Dan untuk menghemat anggaran, Anda bisa mengumpulkan beberapa teman sejurusan dan sekantor, jadi lebih enak koordinasinya (pengaturan pengeluaran dan kompromi peraturan selama tinggal di kontrakan).

Kelemahannya adalah Anda harus memikirkan pula pengeluaran air dan listrik. Harus bersedia pula melaksanakan tugas kebersihan yang telah disepakati bersama, dan mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar rumah kontrakan.

  • Sewa rumah sendiri

Tentang keuntungan dan kelemahan, mungkin tidak jauh beda dengan rumah kontrakan. Yang harus Anda perhatikan adalah pastikan bahwa lingkungan Anda aman sebab Anda tinggal sendirian. Soal budget bisa Anda sesuaikan dengan keuangan Anda.

Untuk sewa rumah di Jakarta, bisa klik sewa rumah jakarta

2 thoughts on “Kos-kosan, Kontrakan, atau Sewa Rumah?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s