Ojek Muslimah

Tadi malam, sambil makan, aku dan bapak ibu menonton tayangan Hitam P***h. Entah temanya apa (karena saat makan kami jarang memperhatikan TV kecuali memang tayangannya menarik), yang jelas waktu itu, mereka sedang membahas Gojek dan Ojek Syar’i. (postingan tentang Ojek Syar’i, bisa baca di sini)

Langsung fokus ke Ojek Syar’i saja ya.. hehe..

Ojek Syar’i diperuntukkan bagi wanita yang ingin menggunakan jasa ojek. Ojek Syar’i ini spesial sebab pengendara ojek ini adalah seorang perempuan berjilbab sehingga membuat nyaman bagi para perempuan yang menggunakan jasa ini.

Melihat tayangan tersebut, pikiranku langsung melayang ke kejadian beberapa tahun yang lalu bersama teman-teman kuliahku.

Aku sangat senang berkendara motor. Kadang aku tawarkan teman-temanku untuk mengantarnya pulang ke rumah. Atau sekedar nganterin jalan-jalan. Mereka tidak perlu membayar bensin atau traktir makan, namun ada satu syarat (tidak tertulis): penumpangku harus bayar parkir (kalau memang kita mampir ke suatu tempat dan ada parkir). Aku bisa bersungut-sungut ria selama sisa perjalanan kalau sampai aku yang harus bayar parkir. Saat itu, aku tidak terlalu suka dengan profesi tukang parkir yang kayak Jin… kita bersusah payah mengeluarkan motor sendiri, eh, pas berhasil keluar, tiba-tiba ditepuk disuruh bayar parkir. Dikasih 500, minta nambah pula (waktu itu masih ada perdebatan harga parkir antara 500-1000 rupiah).. aku pikir, aku mengeluarkan motor ini sendirian, jadi 500 cukuplah buat bayar lahar parkir doang… dan kalau kita mau nyebrang, ada tukang parkir yang tidak membantu, langsung menghilang lagi.. dulu di daerah kosku banyak tukang parkir yang seperti itu, walaupun yang baik juga ada sih… hehe

Kadang temen nyeletuk,”Mel, kamu buka jasa ojek muslimah aja…”

Hah?

Teman-teman kuliahku saat itu kebanyakan dari kalangan aktivis dakwah yang cukup sibuk (sedangkan aku tidak hehe..). Mereka biasa ikut syuro, dauroh, dan berbagai aktivitas dakwah di beberapa tempat yang berbeda yang kebanyakan harus ditempuh dengan kendaraan (tidak bisa jalan kaki). Kalau menggunakan kendaraan umum, pasti akan sulit: tempat syuro masuk gang, jalan angkotnya lambat, dan mungkin masalah biaya juga (biasa, mahasiswaaaa…). Dan kadang mereka kan ingin jalan-jalan juga… hehe… Kemudian, mereka tidak bisa sembarangan bonceng orang, misal bonceng teman laki-laki. Sebenarnya berdua saja dengan supir angkot (dan aku belum pernah menemui supir angkot perempuan) di kendaraan juga tidak boleh loh.. bisa menimbulkan fitnah…

Kadang, aku bersedia mengantarkan mereka… jadi mungkin mereka bisa berpikiran seperti itu.

“Terus bensinnya?” Aku mulai menghitung-hitung.

“Yah, dibayar laaah… pasang argo di motormu Mel… tapi yang murah aja tarifnya…hehe”

Boleh jugaaa….

Terus, mereka menghubungiku kan pakai sms, pasti smsnya akan lebih cepat habis dan beli pulsa di aku… fyi, aku dulu jualan pulsa kecil-kecilan…. jadi lumayanlah…

Namun, rencana tinggallah rencanaa…

Karena saat tugas akhir, aku sering ndakem di kamar kos mencari wangsit, sehingga waktuku tidak sefleksibel itu. Kalau sedang giat mengerjakan skripsi, aku tidak bisa diganggu. Bahkan kantuk dan lapar pun tidak bisa menggangguku.

Selain itu, walaupun tahu berbagai daerah di Semarang, aku masih sering nyasar.

Aku membayangkan kalau buka jasa ojek muslimah:

Ada SMS masuk,“Mel, jemput aku di Pedurungan sekarang…”

Aku balas,“Oke.. tunggu yaa…”

Beberapa menit kemudian aku mengirim SMS ke customer,”Eh, afwan, kalau dari Tembalang mau ke Pedurungan tuh lewat mana ya? Hehe”

Maaf, waktu jaman itu, hpku ga support GPS… Kalaupun support, aku belum bisa makainya… hehe..

 

***

 

 

Dulu ide ojek muslimah hanya obrolan sambil makan saja bersama teman-teman. Rasanya aneh dan takjub juga sekarang ide itu dijadikan sebagai peluang usaha oleh seseorang dan usahanya berkembang pesat pula, alhamdulillah.. tadinya usaha Ojek Syar’i pertama kali diluncurkan di Surabaya dan sekitarnya.. sekarang bahkan mau launching di Jakarta, menyusul kesuksesannya di Surabaya.. Oke sukses yaa… senang rasanya kalau ada transportasi khusus wanita…🙂

Leave a Reply

