Review Buku “The DISC Codes”

Judul Buku: The DISC Codes: Cara Cepat Menguasai Kode Sukses Manusia

Pengarang: Edysen Shin

Penerbit: CV Monda Tour and Travel

Jumlah halaman: 156 halaman

Cetakan: Januari 2013

Harga: Rp 58.000,00

Image

Banyak alat tes psikologi yang dapat digunakan untuk mengetahui kepribadian seseorang, salah satunya dengan alat tes DISC. Isi dari buku ini antara lain menjelaskan tentang sejarah sekilas DISC, penjelasan rinci karakteristik masing-masing tipe (Tipe D, I, S, dan C), dan bagaimana berkomunikasi efektif dengan masing-masing tipe tersebut. Buku ini dibuat oleh seorang praktisi sehingga tentu banyak cara praktis bagaimana kita mengetahui tipe kepribadian seseorang tanpa orang tersebut mengerjakan tes ini, misalnya mengetahui seseorang masuk ke tipe kepribadian mana berdasarkan isi pembicaraan dan email yang dibuatnya. Menarik ya? Buku ini layak untuk dibaca oleh siapa saja, baik yang telah memiliki basis psikologi maupun yang tidak karena cara penyampaiannya yang menarik dan santai, disertai banyak contoh sehingga mudah dipahami.

Aku jadi teringat waktu interview HR dengan salah satu perusahaan televisi swasta, dimana saat itu aku melamar sebagai recruitment officer. Posisi tersebut tentu membutuhkan pengetahuan mengenai alat-alat tes psikologi, dan muncullah pertanyaan mengenai itu. Aku sebutkan alat-alat tes psikologi apa saja yang dipelajari di kampus maupun di luar kampus. Interviewer terlihat puas namun beliau menanyakan apakah aku tahu mengenai alat tes DISC. Aku merasa dulu pernah dengar tentang alat tes tersebut, namun tidak terlalu ingat seperti apa bentuknya. Waktu itu aku katakan saja bahwa sepertinya aku pernah mengerjakannya tetapi tidak begitu ingat, dan interviewer hanya mengangguk. Sesampainya di rumah, aku buka catatan mengenai alat-alat tes psikologi, dan ternyata aku pernah dapat materi tes DISC di suatu training, namun karena saat itu aku tidak paham, jadi aku jarang mengulangi materi tersebut. Aku pikir tes DISC merupakan alat tes yang rumit dan sulit untuk diinterpretasikan, namun memang alat tes ini sering digunakan pada bidang industri. Tetapi selama aku mengikuti rekruitmen di beberapa perusahaan, aku tidak pernah bertemu dengan DISC, tetapi seringnya EPPS atau Papikostik. Persepsiku saat itu sekarang berubah sejak membaca buku ini. Ternyata tes DISC cukup sederhana dan tidak terlalu rumit pengoreksiannya dibandingkan EPPS maupun Papikostik. Di dalam buku ini diberikan alat tes DISC untuk kita kerjakan sendiri, dan tentu disertai petunjuk untuk mengerjakan, mengoreksi, dan menginterpretasikannya.

Tadinya aku sempat berpikir, kenapa buku mengenai alat tes psikologi dijual bebas. Bukannya seharusnya bersifat rahasia? Apalagi tes DISC sering digunakan dalam bidang industri, misalnya saja dalam proses rekruitmen dimana calon pegawai tentu berusaha agar lolos dalam tahap ini (tahap psikotes). Namun, setelah membacanya, aku pikir isi buku ini menitikberatkan dalam hal “Pengembangan Diri” dimana seseorang harus mengenali dirinya sendiri jika ingin sukses. Dijelaskan bahwa ketika seseorang berada dalam suatu kondisi yang tidak sesuai dengan kepribadiannya maka ia akan mengalami kelelahan dan dalam jangka panjang akan mengalami stress sehingga tidak ada prestasi yang bisa ia buat di lingkungan tersebut. Sayang sekali bukan? Jadi, tidak perlulah mengarang dalam mengisi tes kepribadian ketika psikotes sebab kalaupun dia bisa lolos proses rekruimen, kemungkinan besar dia akan mengalami stress karena memakai “topeng” terus menerus (untuk menyesuaikan diri), tentu akan melelahkan. Alangkah baiknya, dia mengenal diri sendiri terlebih dahulu yaitu mengetahui kekuatan (strength zone) dan kelemahan (istilah dalam buku ini disebut blind spot) dirinya, dan memaksimalkan potensinya di strength zone-nya dan menghindari blind spot-nya. Buku ini bisa sangat membantu bagi orang-orang yang belum memahami dirinya sendiri, dan menjadi ilmu tambahan bagi mahasiswa-mahasiswi psikologi tentang alat tes psikologi.

Rekomendasi: gold stargold stargold stargold starwhite star

10 thoughts on “Review Buku “The DISC Codes”

  1. alat test yang disertakan tsb bentuknya kaya gimana y bu? file .exe atau .xlsx atau cuma isian biasa yang kita hanya di kasih tau cara membacanya atau malah dalam bentuk software trial yang batas waktu kedaluarsa?

    siapa tau sudah dikasih alat test yang bisa diaplikasikan untuk rekruitment karyawan nanti.. hehe..
    *ngarep

  2. perkenalkan nama saya wahyudi noor,,, bisa minta tolong infonya judul buku apa saja yang berkaitan tentang disc,, soalnya untuk buku-buku karakter disc sangat sulit di dapat. terima kasih

    • Hai Mas Yudi Noor, salam kenal…
      Saya kurang tahu judul yang berisi tentang alat DISC, selain buku ini. Mungkin bisa ditanyakan kepada yang S2 Psikologi, karena biasanya mereka mempelajari tentang alat tes psikologi lebih mendalam.
      Maaf, tidak bisa bantu banyak…

Leave a Reply

