Review Buku “Seni Berbicara”

Judul Buku: Seni Berbicara: Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Dimana Saja

Pengarang: Larry King

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Jumlah halaman: 212 halaman

Cetakan: April 2007

Harga: -

IMG-20130320-00196

Aku sungguh berat menulis ini, tetapi daripada blognya kosong, apa boleh buat. Aku mungkin sudah membeli buku ini lebih dari 3 tahun yang lalu, namun sampai sekarang belum pernah aku selesai membacanya. Kenapa? Informasi-informasi yang ada sulit dicerna sehingga ketika tidak membaca buku ini lebih dari 3 hari, aku bingung untuk melanjutkan membaca karena lupa apa yang telah dibaca sebelumnya (maksudnya gak nyambung kenapa bisa nyampe informasi ini). Entah karena kemampuan kognitifku yang terbatas sehingga gak nyampe apa yang dimaksudkan buku ini, tetapi yang jelas buku ini tidak terlalu menarik bagiku.

Motivasiku membeli buku “Seni Berbicara”, tentu, agar aku bisa lebih pandai berkomunikasi. Aku merasa bahwa aku ini termasuk tipe yang langsung menyampaikan informasi yang dimaksud, tanpa ba-bi-bu atau pendahuluan yang muter-muter terlebih dahulu, sehingga mungkin banyak orang-orang yang sakit hati jika berbicara denganku. Oleh karena itu, aku merasa lebih baik diam dan tidak gegabah berbicara, eh, tetapi lama kelamaan aku malah dikira anak yang pendiam dan kurang asertif, tetapi sekali bicara, ugh, sakiiiit….. Aku mengistilahkannya dengan “ngomongnya irit-nyelekit”, tetapi kadang aku banyak bicara juga, emang dari kecil ceriwis, kata keluargaku.. Intinya aku berusaha untuk memperbaiki diriku sendiri, agar bisa menyampaikan informasi dengan tepat dan baik. Back to topic… Banyak buku yang membahas tentang bagaimana caranya berkomunikasi efektif. Karena sudah terlalu lama, aku lupa alasan kenapa aku membeli buku ini. Yang bisa aku ingat, poin-poin yang terdapat dalam buku ini, yang ada di cover belakang, cukup menarik perhatianku. Sebagian hal yang akan Anda temukan dalam Seni Berbicara Kepada Siapa Saja, Kapan Saja, Di Mana Saja: Kunci sukses bicara dengan orang yang belum dikenal, Rahasia sukses pidato dan presentasi, Cara jitu menyampaikan berita buruk, Mengatasi rasa malu dan membuat orang lain merasa nyaman, dll. Aku ingin menguasai semua itu, namun yang aku tangkap berbeda.

Ada dua poin utama yang membuatku malas menyelesaikan membaca buku ini. Poin satu, terlalu banyak tokoh. Tokoh-tokoh yang disebutkan adalah orang-orang yang terkenal, khususnya di Amerika. Larry King sendiri merupakan pembicara yang terkenal di Amerika (tetapi aku tidak mengetahuinya sampai aku membaca buku ini). Oleh karena itu, ketika penulis menuliskan salah satu contoh tokoh pembicara yang baik dengan gaya khasnya, aku sulit membayangkannya karena aku tidak kenal tokoh tersebut (dan aku juga tidak bersedia googling atau mencari videonya). Sebenarnya cukup jelas si penulis menggambarkan tokoh tersebut tetapi karena terlalu banyak tokoh, aku sulit membedakannya dan selalu lupa apakah ini tokoh yang sama yang telah disebutkan sebelumnya. Terlalu banyak tokoh membuatku merasa bahwa banyak informasi yang tidak bisa kutangkap sehingga membuatku malas melanjutkan membaca.

Poin dua, bias budaya. Buku ini bukan buku teori yaa.. jadi, penulis terkadang memberikan banyak trik agar dapat berkomunikasi efektif, namun menurutku tidak semua dapat diaplikasikan di Indonesia, semacam hal-hal tabu yang tidak boleh dibicarakan, penggunaan istilah-istilah dalam percakapan, sikap, dan lain-lain. Tentu, trik-trik tersebut bisa diaplikasikan, namun perlu diperhatikan konteks budayanya.

Buku ini menurutku Amerika sekali, padat berisi informasi dan detail. Mungkin memang benar bahwa buku ini merupakan international bestseller book; buku yang menarik, lelucon yang disampaikan kadang membuatku tersenyum, tetapi aku pribadi lebih menekankan manfaat apa yang bisa aku ambil dari buku ini, dimana aku sulit sekali mengaplikasikan apa yang tertulis. Hm, yang aku tulis merupakan pendapat pribadiku, jadi tolong disikapi dengan bijak. Semua tetap boleh membaca buku ini, mungkin bagi yang ingin mengenal Larry King dan profesinya sebagai pembicara dengan lebih dekat.

Rekomendasi: gold starwhite starwhite starwhite starwhite star

Leave a Reply

